Handoyo Budi Orchid

Nama Pemilik                  : Ir. Budi Handoyo, MM
Deskripsi                          : Laboratorium Pembibitan Anggrek & Showroom
Spesialisasi                       :Dendrobium, Phalaenopsis, Vanda,Paphiopedillum, Oncydium & Cattleya
Alamat                              : Jl. Bondowoso 9A, Gadingkasri, Klojen Malang
Telp/ Fax                          : 08123384341/ 0341-555233
Email                                : Handoyobudiorchids@gmail.com

Sejarah berdirinya perusahaan
          Handoyo Budi Orchids ( HBO ) merupakan perusahaan pembibitan dan produksi anggrek yang terletak di jalan bondowoso Nomor 09 A. perusahaan ini didirikan pada tahun 2000 oleh Ir. Budi Sugiarto, Handoyo Budi Orchids berkomitmen untuk memberikan kualitas bibit tanaman anggrek terbaik untuk menjaga kepercayaan para pelanggan.

          Handoyo Budi Orchids (HBO) dipimpin oleh Ir.Budi Handoyo, MM, dengan tenaga ahli dan peneliti Ir. Budi Sugiarto, lulusan Fakultas Pertanian Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan Program Studi Ilmu Penyakit Bakteri Universitas Brawijaya Malang tahun 1987. Ir. Budi Sugiarto gemar memelihara anggrek dan tanaman hias sejak duduk di bangku SMP.Ir. Budi Sugiarto mulai meneliti penyakit busuk daun pada Anggrek Bulan (Phalaenopsis spp.) pada tahun 1987.Beliau mulai menekuni Tanaman Hias pada tahun 1988, dan pada tahun berikutnya, beliau mulai bekerja sebagai Peneliti Tanam Tembakau di Departemen Agronomi PT. BENTOEL PRIMA Malang.Beliau juga diberi kesempatan untuk tugas belajar ke Landcaster, Philipina, bidang budidaya Tanaman Tembakau.Sepulangnya ke Indonesia, beliau mengerjakan proyek pengelolaan lahan kritis untuk penanaman pepaya di Lumajang, Jawa Timur. Ir. Budi Sugiarto mulai menekuni bidang Landscaping dan Gardening pada tahun 1995. Dan mulai tahun 2000 hingga sekarang, beliau menekuni Kultur Invitro dan budidaya tanaman Anggrek.

          Laboraturium Handoyo Budi Orchids Malang, beralamat di Jl. Bondowoso 9A, Kelurahan Gading Kasri Kecamatan Klojen-Malang.Sedangkan Kebun Handoyo Budi Orchids beralamat di Jl. Telasih Ds. Ngijo Kec. Karangploso, Malang. Laboraturium pembibitan dan pengembangan anggrek Handoyo Budi Orchids terletak pada ketinggian 500 meter dari permukaan laut dengan suhu rata-rata 20-30  C, kelembapan relatif udara rata-rata 40-80% dan curah hujan rata-rata 1987 mm / tahun. Laboraturium pembibitan dan pengembangan anggrek Handoyo Budi Orchids memiliki luas lahan 3000 m², untuk kebun dan ruang inkubasi 1000 m² yang terletak di depan rumah sebagai showroom.
Sebelah timur berbatasan dengan kelurahan pisang candi, sebelah selatan berbatasan dengan kelurahan bareng, sebelah barat berbatasan dengan kelurahan Oro-oro dowo dan di sebelah utara berbatasan dengan Kelurahan Sumbersari.


Struktur Organisasi



PEMILIK PERUSAHAAN

PIMPINAN
OPERASIONAL

KOORDINATOR
LABORATORIUM

KOORDINATOR
PERUSAHAAN

BENDAHARA

KOORDINATOR
KEBUN




 Pemilik perusahan:
        Membuat kebijakan yang dilaksanakan oleh perusahaan dalam kegiatan operasional.Kegiatan operasional berupa: kegiatan Teknologi, pengawasan jalannya perusahaan (pembelanjaan, produksi, pemasaran, dan administrasi).

 Pimpinan operasional  :
        Membuat kebijaksanaan, pengontrol kegiatan , bertanggung jawab atas semua keadaan dan keputusan yang telah diambil.

 Bendahara       :
             Membantu pimpinan dalam melakukan pengecekan terhadap arus keuangan, pencatatan transaksi keuangan yang terjadi, membantu mengurus pembayaran gaji para pekerja.

 Koordinator laboratorium :
           Membawahi anggota yang bertugas dalam proses penyilangan, pembuatan media, pencucian botol, produksi bibit, dan inkubasi.

 Koordinator pemasaran :
         Membawahi anggotanya dalam melaksanakan semua kebijakan untuk pemasaran yang telah ditetapkan perusahaan dan bertanggung jawab untuk meningkatkan volume penjualan bibit dan tanaman anggrek.

Manajemen Sumber daya Manusia 
Salah satu unsur manajemen yang strategis dalam rangka pembangunan nasional di tandai oleh adanya kualitas serta kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu bekerja, berdaya guna,dan berhasil guna. Pembangunan, pengembangan, dan pemberdayaan SDM merupakan isi pokok yang di prioritaskan dalam pengadaannya. SDM HBO sebagian besar merupakan sarjana – sarjana yang memiliki pengetahuan luas dan berdedikasi tinggi.SDM HBO merupakan orang – orang terampil, telaten, tekun, mau belejar, selalu mengevaluasi kegagalan dan keberhasilan serta tidak mengulangi kesalahan yang telah di lakukan. Tetapi untuk saat ini  HBO sendiri juga memiliki SDM tidak hanya SDM yang merupakan lulusan S1 saja, melainkan dari para Masyarakat yang ingin bekerja dan memiliki komitmen, tanggung jawab, serta kreativitas tinggi.
Kendala dari Manajemen SDM yaitu, SDM yang belum terampil sehingga diperlukan manajemen Kendala dengan memberikan pelatihan dan memberikan motivasi agar SDM lebih mandiri dan bisa lebih terampil serta memiliki tanggung jawab .

Manajemen Produksi dalam Perusahaan 
Produksi melibatkan perencanaan dan perancangan proses produksi. Input sebagai faktor produksi menjadi hal yang penting yang harus dipikirkan, bahan baku utama harus disediakan dengan baik karena sangat berpengaruh pada standarisasi baik secara kualitas maupun kualitas. Perencanaan dan pelaksanaan harus dibuat seefektif mungkin.
Karakteristik Produk
a.    Jenis produk
Jenis Produk yang dijual di Handoyo Budi Orchid yaitu mulai dari kompos, pestisida, lukisan dan salah satu yang menjadi bahan utama yang dijual yaitu berbagai macam bibit anggrek.
b.   Bahan baku utama dan bahan baku tambahan
Bahan Baku utama dari Handoyo Budi Orchid yaitu bibit anggrek, selain itu masih ada lagi bahan tambahan yang digunakan seperti; botol, media akar, makro dan mikro element.
c.    Proses Produksi



d.   Kapasistas Produksi Maksimal
Pada tahun sekarang Handyo Budi Orchid mampu memproduksi 1000-1500 botol bibit anggrek tiap bulannya.
e.    Jumlah Produksi dalam Beberapa Periode
Jumlah  produksi untuk beberapa periode yang dapat diproduksi oleh Handoyo Budi Orchid yaitu 1000-1500 botol bibit anggrek/bulan dan untuk kisaran satu tahun Handoyo Budi Orchid dapat memproduksi sebanyak 18000 botol bibit anggrek/tahun.
f.    Kualitas produk (keunggulan dan kelemahan produk)
Produk dari Handoyo Budi Orchid memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan. Kelebihan dari produk Handoyo Budi Orchid itu sendiri yaitu produk Handoyo Budi Orchid memiliki banyak varian sehingga memudahkan pembeli/konumen memilih prosuk yang sesuai dengan selera, memiliki harga yang mudah dijangkau oleh berbagai kalangan dan Handoyo Budi Orchid mmberikan kemudahan bagi konsumen yang berada di luar kota dengan melakukan pengiriman. Adapun kelemahan dari produk Handoyo Budi Orchid yaitu apabila tidak dilakukan perawatan yang intensif serta tidak telaten akan merusak kualitas dari produk .

Fungsi-fungsi Manajemen Produksi
         Adapun Fungsi Manajemen Produksi di Handoyo Budi Orchid yaitu:
a. Untuk menyediakan dan merencanakan bahan baku, alat yang akan digunakan, serta lokasi pasar/toko.
b.Untuk merencanakan penentuan kualitas dan kuantitas barang yang akan diproduksi.
c. Mengontrol kegiatan korektif terhadap pelaksanaan kegiatan produksi.      
Ø  Fungsi Personalia
Ø  Fungsi Keuangan
Ø  Penyimpanan
Ø  Pemeliharaan

Kendala dalam Manajemen Produksi  dan Manajemen Kendala
Kendala yang dihadapi oleh Handoyo Budi Orchid beserta Manajemen Kendalanya yaitu :
a.       Adanya pesaing dari produk sejenis
b.      Manajemen kendalanya yaitu dengan memberikan kualitas serta kemasan yang menarik.
c.       Sumber Daya Manusia yang masih belum profesional
d.      Manajemen kendalanya yaitu  dengan memberikan pelatihan dan motivasi kerja.
e.       Dalam Penyilangan
f.       Manajemen Kendalanya yaitu dengan menghitung dan memberikan tambahan.

Kegiatan Pemasaran
a.       Distribusi dan transportasi
Distribusi dilakukan di seluruh Indonesia. Perusahaan ini hanya melakukan pemasaran di tempat tokonya, dan apabila ada pesanan dari luar Jawa beliau mengirimnya dengan biaya pengiriman ditanggung oleh pemesan produk.
b.      Pengemasan
Kemasan dalam penjualan produk bibit anggrek yang beliau gunakan adalah dalam botol  kaca.
c.       Pemberian Label
Beliau memberi label pada produk bibit anggrek sesuai dengan varietas anggrek tersebut.

Strategi Pemasaran Produk (4P)
A.     Product (produk)
 Produk yang ditawarkan oleh CV HANDOYO BUDI ORCHIDS adalahbibit anggrek. Saat ini bibit anggrek yang dimiliki oleh HBO bermacam-macam varietas. Hal ini di karenakan  karna tiap tahun pasti ada persilangan-persilangan anggrek varietas-varietas terbaru.
Dalam mengembangkan strategi produk, HBO berupaya agar konsumen mampu mengidentifikasi produk yang beliau pasarkan, dengan melakukan:
a.       Branding (mengelola merek)
     Merek produk beliau bernama “Handoyo Budi Orchids”.
b.      Packaging (kemasan)
Produk HBO dikemas dengan mengunakan botol kaca kecil dengan tujuan agar produk terlihat menariksehingga dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produk kami dan proses pendistribusian lebih mudah ditata.Produk bibit anggrek HBO ini per botol dengan harga 25-30 ribu perbotol.
c.       Labelling (memberikan label)
Setelah bibit anggrek di kemas dalam botol kaca, kami memberikan label dikemasan produk kami. Hal ini bertujuan untuk memudahkan konsumen untuk mengingat produk kami dan memudahkan untuk proses pengiriman.
d.       Price (Harga)
Harga merupakan satu-satunya elemen dalam bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan (revenue). Harga juga merupakan elemen bauran pemasaran yang paling mudah disesuaikan. Selain itu, harga turut mengkomunikasikan nilai produk perusahaan terhadap pasar.
Pada dasarnya ketika menetapkan harga, perusahaan harus mempertimbangkan beberapa hal seperti penetapan harga untuk mewujudkan keuntungan perusahaan, volume penjualan (permintaan atas berbagai produk berbeda sifatnya), persaingan dari perusahaan lain, pandangan masyarakat terhadap suatu produk, serta kedudukan perusahaan dalam pasar.
Terdapat beberapa metode penetapan harga antara lain melalui pendekatan biaya (break even analysis dan mark up pricing), penetapan harga yang kompetitif, menentukan harga terobosan (penetrating pricing), menetapkan harga berdasarkan permintaan/ demand, kepemimpinan harga (price leadership), menjual produk berkualitas dengan harga rendah, serta kebijakan harga tinggi jangka pendek (price skimming).
Metode penetapan harga yang beliau terapkan adalah menjual produk berkualitas berdasarkan permintaan konsumen.
e.       Place (Tempat)
Salah satu fungsi penting dari pemasaran adalah menyalurkan produk dari lokasi produksi ke berbagai lokasi di mana konsumen berada. Isu pendistribusian produk perlu dibedakan pada 2 aspek, yaitu menentukan institusi yang akan melakukan kegiatan mendistribusikan produk, menentukan cara penyimpanan (penggudangan) dan alat-alat pengangkutan yang akan mendistribusikan produk (barang) dari pabrik perusahaan ke institusi-institusi yang membantu memasarkan barang pada konsumen.
Perusahaan penyediaan bibit anggrek ini mendistribusikan produknya sendiri karenaproduksi HBO bersifat lokal, hanya meliputi daerah kawasan Indonesia saja.
Terdapat alternatif saluran distribusi, yaituSaluran distribusi langsung produsen ke konsumen tetapi langsung menggunakan ekspedisi barang untuk psoses pengiriman yang jauh.
f.    Promosition (Promosi)
Perusahaan Handoyo Budi Orchid dalam menjalankan produknya, mereka melakukan suatu strategi untuk memperkenalkan produk mereka ke kalangan masyarakat dengan menggunakan sarana promosi. HBO melakukan promosi melalui pamflet, pameran, website, dan penyelenggaraan kursus gratis.




FOTO







No comments:

Post a Comment