Nama Pemilik :
Ir. Budi Handoyo, MM
Deskripsi :
Laboratorium Pembibitan Anggrek & Showroom
Spesialisasi :Dendrobium, Phalaenopsis, Vanda,Paphiopedillum, Oncydium & Cattleya
Alamat :
Jl. Bondowoso 9A, Gadingkasri, Klojen Malang
Telp/ Fax : 08123384341/ 0341-555233
Telp/ Fax : 08123384341/ 0341-555233
Sejarah berdirinya perusahaan
Handoyo Budi
Orchids ( HBO ) merupakan perusahaan pembibitan dan produksi anggrek yang
terletak di jalan bondowoso Nomor 09 A. perusahaan ini didirikan pada tahun
2000 oleh Ir. Budi Sugiarto, Handoyo Budi Orchids berkomitmen untuk memberikan
kualitas bibit tanaman anggrek terbaik untuk menjaga kepercayaan para
pelanggan.
Handoyo
Budi Orchids (HBO) dipimpin oleh Ir.Budi Handoyo, MM, dengan tenaga ahli dan
peneliti Ir. Budi Sugiarto, lulusan Fakultas Pertanian Jurusan Hama dan
Penyakit Tumbuhan Program Studi Ilmu Penyakit Bakteri Universitas Brawijaya
Malang tahun 1987. Ir. Budi Sugiarto gemar memelihara anggrek dan tanaman hias
sejak duduk di bangku SMP.Ir. Budi Sugiarto mulai meneliti penyakit busuk daun
pada Anggrek Bulan (Phalaenopsis spp.) pada tahun 1987.Beliau mulai menekuni
Tanaman Hias pada tahun 1988, dan pada tahun berikutnya, beliau mulai bekerja
sebagai Peneliti Tanam Tembakau di Departemen Agronomi PT. BENTOEL PRIMA
Malang.Beliau juga diberi kesempatan untuk tugas belajar ke Landcaster,
Philipina, bidang budidaya Tanaman Tembakau.Sepulangnya ke Indonesia, beliau
mengerjakan proyek pengelolaan lahan kritis untuk penanaman pepaya di Lumajang,
Jawa Timur. Ir. Budi Sugiarto mulai menekuni bidang Landscaping dan Gardening
pada tahun 1995. Dan mulai tahun 2000 hingga sekarang, beliau menekuni Kultur
Invitro dan budidaya tanaman Anggrek.
Laboraturium
Handoyo Budi Orchids Malang, beralamat di Jl. Bondowoso 9A, Kelurahan Gading
Kasri Kecamatan Klojen-Malang.Sedangkan Kebun Handoyo Budi Orchids beralamat di
Jl. Telasih Ds. Ngijo Kec. Karangploso, Malang. Laboraturium pembibitan dan
pengembangan anggrek Handoyo Budi Orchids terletak pada ketinggian 500 meter
dari permukaan laut dengan suhu rata-rata 20-30 C, kelembapan
relatif udara rata-rata 40-80% dan curah hujan rata-rata 1987 mm / tahun.
Laboraturium pembibitan dan pengembangan anggrek Handoyo Budi Orchids memiliki
luas lahan 3000 m², untuk kebun dan ruang inkubasi 1000 m² yang terletak di
depan rumah sebagai showroom.
Sebelah timur
berbatasan dengan kelurahan pisang candi, sebelah selatan berbatasan dengan
kelurahan bareng, sebelah barat berbatasan dengan kelurahan Oro-oro dowo dan di
sebelah utara berbatasan dengan Kelurahan Sumbersari.
Struktur Organisasi
PEMILIK
PERUSAHAAN
|
PIMPINAN
OPERASIONAL
|
KOORDINATOR
LABORATORIUM
|
KOORDINATOR
PERUSAHAAN
|
BENDAHARA
|
KOORDINATOR
KEBUN
|
v Pemilik
perusahan:
Membuat kebijakan yang dilaksanakan oleh perusahaan dalam kegiatan operasional.Kegiatan operasional berupa: kegiatan Teknologi, pengawasan jalannya perusahaan (pembelanjaan, produksi, pemasaran, dan administrasi).
Membuat kebijakan yang dilaksanakan oleh perusahaan dalam kegiatan operasional.Kegiatan operasional berupa: kegiatan Teknologi, pengawasan jalannya perusahaan (pembelanjaan, produksi, pemasaran, dan administrasi).
v Pimpinan
operasional :
Membuat kebijaksanaan, pengontrol kegiatan , bertanggung jawab atas semua keadaan dan keputusan yang telah diambil.
Membuat kebijaksanaan, pengontrol kegiatan , bertanggung jawab atas semua keadaan dan keputusan yang telah diambil.
v Bendahara :
Membantu pimpinan dalam melakukan pengecekan terhadap arus keuangan, pencatatan transaksi keuangan yang terjadi, membantu mengurus pembayaran gaji para pekerja.
Membantu pimpinan dalam melakukan pengecekan terhadap arus keuangan, pencatatan transaksi keuangan yang terjadi, membantu mengurus pembayaran gaji para pekerja.
v Koordinator
laboratorium :
Membawahi anggota yang bertugas dalam proses penyilangan, pembuatan media, pencucian botol, produksi bibit, dan inkubasi.
Membawahi anggota yang bertugas dalam proses penyilangan, pembuatan media, pencucian botol, produksi bibit, dan inkubasi.
v Koordinator
pemasaran :
Membawahi anggotanya dalam melaksanakan semua kebijakan untuk pemasaran yang telah ditetapkan perusahaan dan bertanggung jawab untuk meningkatkan volume penjualan bibit dan tanaman anggrek.
Membawahi anggotanya dalam melaksanakan semua kebijakan untuk pemasaran yang telah ditetapkan perusahaan dan bertanggung jawab untuk meningkatkan volume penjualan bibit dan tanaman anggrek.
Manajemen Sumber daya Manusia
Salah satu unsur manajemen
yang strategis dalam rangka pembangunan nasional di tandai oleh adanya kualitas
serta kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu bekerja, berdaya guna,dan
berhasil guna. Pembangunan, pengembangan, dan pemberdayaan SDM merupakan isi
pokok yang di prioritaskan dalam pengadaannya. SDM HBO sebagian besar merupakan
sarjana – sarjana yang memiliki pengetahuan luas dan berdedikasi tinggi.SDM HBO merupakan orang – orang
terampil, telaten, tekun, mau belejar, selalu mengevaluasi kegagalan dan
keberhasilan serta tidak mengulangi kesalahan yang telah di lakukan. Tetapi
untuk saat ini HBO sendiri juga memiliki
SDM tidak hanya SDM yang merupakan lulusan S1 saja, melainkan dari para
Masyarakat yang ingin bekerja dan memiliki komitmen, tanggung jawab, serta
kreativitas tinggi.
Kendala dari Manajemen SDM
yaitu, SDM yang belum terampil sehingga diperlukan manajemen Kendala dengan
memberikan pelatihan dan memberikan motivasi agar SDM lebih mandiri dan bisa
lebih terampil serta memiliki tanggung jawab .
Manajemen Produksi dalam Perusahaan
Produksi
melibatkan perencanaan dan perancangan proses produksi. Input sebagai faktor
produksi menjadi hal yang penting yang harus dipikirkan, bahan baku utama harus
disediakan dengan baik karena sangat berpengaruh pada standarisasi baik secara
kualitas maupun kualitas. Perencanaan dan pelaksanaan harus dibuat seefektif
mungkin.
Karakteristik Produk
a.
Jenis produk
Jenis
Produk yang dijual di Handoyo Budi Orchid yaitu mulai dari kompos, pestisida,
lukisan dan salah satu yang menjadi bahan utama yang dijual yaitu berbagai
macam bibit anggrek.
b.
Bahan baku utama dan bahan baku tambahan
Bahan Baku utama dari Handoyo Budi Orchid
yaitu bibit anggrek, selain itu masih ada lagi bahan tambahan yang digunakan
seperti; botol, media akar, makro dan mikro element.
d.
Kapasistas Produksi Maksimal
Pada
tahun sekarang Handyo Budi Orchid mampu memproduksi 1000-1500 botol bibit
anggrek tiap bulannya.
e.
Jumlah Produksi dalam
Beberapa Periode
Jumlah
produksi untuk beberapa periode yang dapat diproduksi oleh Handoyo Budi
Orchid yaitu 1000-1500 botol bibit anggrek/bulan dan untuk kisaran satu tahun
Handoyo Budi Orchid dapat memproduksi sebanyak 18000 botol bibit anggrek/tahun.
f.
Kualitas produk (keunggulan
dan kelemahan produk)
Produk
dari Handoyo Budi Orchid memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan. Kelebihan
dari produk Handoyo Budi Orchid itu sendiri yaitu produk Handoyo Budi Orchid
memiliki banyak varian sehingga memudahkan pembeli/konumen memilih prosuk yang
sesuai dengan selera, memiliki harga yang mudah dijangkau oleh berbagai
kalangan dan Handoyo Budi Orchid mmberikan kemudahan bagi konsumen yang berada
di luar kota dengan melakukan pengiriman. Adapun kelemahan dari produk Handoyo
Budi Orchid yaitu apabila tidak dilakukan perawatan yang intensif serta tidak
telaten akan merusak kualitas dari produk .
Fungsi-fungsi
Manajemen Produksi
Adapun
Fungsi Manajemen Produksi di Handoyo Budi Orchid yaitu:
a. Untuk menyediakan dan merencanakan bahan
baku, alat yang akan digunakan, serta lokasi pasar/toko.
b.Untuk merencanakan penentuan kualitas dan
kuantitas barang yang akan diproduksi.
c. Mengontrol kegiatan korektif terhadap
pelaksanaan kegiatan produksi.
Ø
Fungsi Personalia
Ø
Fungsi Keuangan
Ø
Penyimpanan
Ø
Pemeliharaan
Kendala dalam Manajemen Produksi dan Manajemen Kendala
Kendala dalam Manajemen Produksi dan Manajemen Kendala
Kendala yang dihadapi oleh Handoyo Budi
Orchid beserta Manajemen Kendalanya yaitu :
a.
Adanya pesaing dari produk sejenis
b.
Manajemen kendalanya yaitu dengan memberikan kualitas serta kemasan yang
menarik.
c.
Sumber Daya Manusia yang masih belum profesional
d.
Manajemen kendalanya yaitu dengan
memberikan pelatihan dan motivasi kerja.
e.
Dalam Penyilangan
f.
Manajemen Kendalanya yaitu dengan menghitung dan memberikan tambahan.
Kegiatan Pemasaran
a.
Distribusi dan transportasi
Distribusi dilakukan di seluruh Indonesia. Perusahaan ini hanya
melakukan pemasaran di tempat tokonya, dan apabila ada pesanan dari luar Jawa
beliau mengirimnya dengan biaya pengiriman ditanggung oleh pemesan produk.
b.
Pengemasan
Kemasan dalam penjualan
produk bibit anggrek yang beliau gunakan adalah dalam botol kaca.
c.
Pemberian Label
Beliau memberi label pada
produk bibit anggrek sesuai dengan varietas anggrek tersebut.
Strategi
Pemasaran Produk (4P)
A. Product
(produk)
Produk yang ditawarkan oleh CV
HANDOYO BUDI ORCHIDS adalahbibit anggrek. Saat ini bibit anggrek yang dimiliki oleh HBO bermacam-macam varietas. Hal ini di
karenakan karna tiap tahun pasti ada
persilangan-persilangan anggrek varietas-varietas terbaru.
Dalam mengembangkan strategi produk, HBO berupaya agar konsumen mampu
mengidentifikasi produk yang beliau pasarkan, dengan melakukan:
a.
Branding (mengelola merek)
Merek produk beliau bernama “Handoyo Budi Orchids”.
b.
Packaging (kemasan)
Produk HBO dikemas dengan mengunakan botol kaca kecil dengan tujuan agar
produk terlihat menariksehingga dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli
produk kami dan proses pendistribusian lebih mudah ditata.Produk
bibit anggrek HBO ini per botol dengan harga 25-30 ribu perbotol.
c. Labelling (memberikan label)
Setelah bibit anggrek di kemas dalam botol kaca, kami memberikan label dikemasan produk kami. Hal ini bertujuan untuk
memudahkan konsumen untuk mengingat produk kami dan memudahkan untuk proses
pengiriman.
d. Price
(Harga)
Harga merupakan satu-satunya elemen dalam bauran pemasaran yang
menghasilkan pendapatan (revenue).
Harga juga merupakan elemen bauran pemasaran yang paling mudah disesuaikan.
Selain itu, harga turut mengkomunikasikan nilai produk perusahaan terhadap
pasar.
Pada dasarnya ketika menetapkan harga, perusahaan harus mempertimbangkan
beberapa hal seperti penetapan harga untuk mewujudkan keuntungan perusahaan,
volume penjualan (permintaan atas berbagai produk berbeda sifatnya), persaingan
dari perusahaan lain, pandangan masyarakat terhadap suatu produk, serta
kedudukan perusahaan dalam pasar.
Terdapat beberapa metode penetapan harga antara lain melalui pendekatan
biaya (break even analysis dan mark up pricing), penetapan harga yang
kompetitif, menentukan harga terobosan (penetrating
pricing), menetapkan harga berdasarkan permintaan/ demand, kepemimpinan
harga (price leadership), menjual
produk berkualitas dengan harga rendah, serta kebijakan harga tinggi jangka
pendek (price skimming).
Metode penetapan harga yang beliau terapkan adalah menjual produk
berkualitas berdasarkan permintaan konsumen.
e. Place
(Tempat)
Salah satu fungsi penting dari pemasaran adalah menyalurkan produk dari
lokasi produksi ke berbagai lokasi di mana konsumen berada. Isu pendistribusian
produk perlu dibedakan pada 2 aspek, yaitu menentukan institusi yang akan
melakukan kegiatan mendistribusikan produk, menentukan cara penyimpanan
(penggudangan) dan alat-alat pengangkutan yang akan mendistribusikan produk
(barang) dari pabrik perusahaan ke institusi-institusi yang membantu memasarkan
barang pada konsumen.
Perusahaan penyediaan bibit anggrek ini mendistribusikan produknya
sendiri karenaproduksi HBO bersifat lokal, hanya meliputi daerah kawasan
Indonesia saja.
Terdapat alternatif saluran distribusi, yaituSaluran distribusi langsung
produsen ke konsumen tetapi langsung menggunakan ekspedisi barang untuk psoses
pengiriman yang jauh.
f.
Promosition
(Promosi)
Perusahaan Handoyo Budi Orchid dalam
menjalankan produknya, mereka melakukan suatu strategi untuk memperkenalkan
produk mereka ke kalangan masyarakat dengan menggunakan sarana promosi. HBO
melakukan promosi melalui pamflet, pameran, website, dan penyelenggaraan kursus
gratis.
No comments:
Post a Comment